8 Makanan Khas Jawa Barat Yang Memiliki Rasa Nikmat

Makanan khas jawa barat

Depilacionlaserdepilaciondefinitiva – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang telah menjadi pusat kuliner di Indonesia. Terdapat berbagai jenis makanan khas di setiap daerah di Jawa Barat dan pada dasarnya, makanan khas Sunda ini bercita rasa pedas, karena Jawa Barat cenderung berudara dingin dan sejuk yang dimanfaatkan sebagai salah satu cara alami menghangatkan tubuh. Meskipun demikian, terdapat pula makanan khas Sunda yang tidak peda.

Makanan Khas Jawa Barat

Hampir semua makanan khas Sunda merupakan makanan yang lezat dan baik dikonsumsi, tetapi terdapat beberapa rekomendasi makanan atau kuliner khas Jawa Barat yang patut untuk kalian coba dan berikut adalah penjelasannya!

  1. Surabi

Surabi adalah makanan khas Sunda yang merupakan jajanan pasar tradisional. Terdapat dua jenis surabi yaitu surabi manis yang menggunakan kinca (gula merah cair) dan surabi asin yang tanpa atau dengan taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Kini, banyak varian yang dihadirkan pada surabi ini, seperti penambahan topping sosis atau keju.

  1. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan khas Cirebon, Jawa Barat yang terbuat dari tahu dan bumbu seperti cabai, bawang merah, bawah putih dan gula. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu ditambahkan bumbu dan biasanya disajikan di layah kecil.

  1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom adalah makanan khas sunda berupa nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Tasikmalaya dan kini terdapat tutug oncom instan yang telah dikemas yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh.

  1. Empal Gentong

Empal Gentong adalah makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip seperti gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar yang berasal dari pohon mangga di dalam gentong. Daging yang biasa digunakan adalah usus, babat dan daging sapi.

  1. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah masakan sunda yang populer di Jawa Barat dan Banten. Makanan ini biasanya terbuat dari beras bagolo atau beras merah campuran yang dimasak dengan bungkus daun pisang. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan lauk-pauk seperti sate maranggi atau ayam goreng serta sayur asem ataupun ikan asin.

  1. Lotek

Lotek adalah makanan khas dari Jawa Barat yang dapat ditemukan di Seluruh wilayah Jawa Barat. Sepintas makanan ini mirip dengan Gado-gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram berupa sambal dicampur bumbu kacang, tetapi uniknya adalah sering kali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah dan bawang putih sehingga secara umum, lotek terasa lebih manis dibandingkan Gado-gado.

  1. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah makanan khas Jawa Barat. Sate Maranggi yang terkenal adalah khas Purwakarta dan Cianjur. Sate Maranggi Purwakarta yang paling terkenal memiliki dua varian daging yang digunakan, yaitu daging sapi dan kambing yang disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar dan nasi timbel.

  1. Dodol Garut

Dodol Garut merupakan camilan khas Garut, Jawa Barat. Makanan ini biasanya berbentuk balok agak memanjang dengan warna khas cokelat bertekstur lembut dan manis. Pada dasarnya, dodol dibuat menggunakan tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Dan kini terdapat berbagai macam varian Dodol Garut seperti dodol wijen, dodol kacang, dan aneka dodol buah.

Itulah, beberapa makanan khas Jawa Barat yang patut untuk kalian coba rasakan dan dari makanan-makanan di atas, adakah makanan yang menggugah selera kalian atau menarik perhatian kalian? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber: situs slot online indonesia