Makanan Khas Sulawesi Barat

Makanan Khas Sulawesi Barat

Makanan khas Sulawesi Barat – Sulawesi Barat dikenal sebagai salah satu provinsi dengan keindahan pantai dan pulau-pulaunya. Tak salah jika banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan tersebut. Agar saat liburan jadi lebih sempurna, Anda akan makanan khas Sulawesi Barat sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Delapan diantaranya wajib dicoba, apa sajakah itu?

Makanan Enak Khas Sulawesi Barat

1. Sambusa

Anda bisa menyebutnya gorengan khas Sulawesi Barat, karena proses pembuatannya dengan cara digoreng. Bagian luarnya crispy dan renyah sedangkan isinya adalah suwir daging ikan yang diberi bumbu unik, sehingga tercipta perpaduan rasa tepat jika dipadukan dengan minuman hangat di sore hari.

Untuk menemukannya Anda cukup cari di berbagai pasar tradisional terdekat, hingga restoran tempat Anda makan siang. Biasanya akan disajikan bersama sama dengan makanan khas Sulawesi Barat jepa yang juga unik karena disajikan dengan daun pisang.

2. Kue Paso

Walaupun hanya bisa ditemukan pada bulan Ramadhan, tapi kue ini sangat populer di kalangan warga Sulawesi Barat. Beda dengan cemilan lain yang cenderung kering, kue paso punya tekstur legit dan manis yang pas. Bentuknya juga unik, seperti terompet yang berisi fla berwarna coklat dengan rasanya yang khas. Sekali coba akan dibuat ketagihan!

3. Tetu

Keunikan dari cemilan ini adalah tampilannya yang mirip perahu persegi panjang, bahannya terdiri dari tepung terigu dicampur santan dan gula aren. Kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang yang sudah dibentuk, seperti kotak persegi panjang. Selanjutnya dikukus hingga matang dan tetu siap dikonsumsi selagi hangat.

4. Jepa

Dulunya cemilan berbahan sagu ini adalah makanan pokok Suku Mandar yang bermukim di Sulawesi Barat, tapi sekarang sudah jadi salah satu makanan tradisional Sulawesi Barat. Keunikan terletak pada rasanya yang gurih di luar dan manis di dalam karena terdapat potongan gula aren asli.

Baca juga: Makanan Khas Palembang

5. Apang

Berbahan dasar tepung beras yang diberi gula aren, cemilan satu ini sangat mengenyangkan. Proses pembuatannya yang dikukus, menjadikan adonan matang dengan tekstur yang lembut. Untuk mengurangi rasa manis berlebih, taburan kelapa parut adalah solusi paling tepat sehingga kolaborasinya jadi super lezat di mulut.

Hingga saat ini apang sangat mudah ditemukan, karena masih banyak orang yang menyukainya. Bahkan sering dijadikan cemilan utama untuk berbagai acara adat dan formal lainnya, yang digelar di berbagai daerah Sulawesi Barat.

6. Pawa

Sepintas mirip dengan bakpao, karena tampilan putihnya yang bersih. Bahan pembuatannya juga mirip, hanya saja bagian dalamnya diisi dengan kacang tanah yang diberi gula merah parut. Buat Anda yang suka kue kukus, ini adalah cemilan yang akan jadi favorit Anda dan keluarga saat berlibur di daerah Sulawesi Barat.

7. Bolu Paranggi

Sepintas mirip dengan apang tapi bahannya berbeda, begitu juga dengan proses pembuatannya. Bolu yang juga jadi makanan Suku Mandar ini dibuat, dengan tepung terigu yang diberi campuran gula aren dan dipanggang hingga matang. orang Mamuju dan lainnya suka menjadikan bolu ini sebagai pelengkap menu sore hari bersama segelas kopi atau teh.

8. Golla Kambu

Buat pecinta wajik, akan familiar dengan rasa dari cemilan ini. Rasa manisnya beda dari cemilan lain karena memadukan beras ketan, kacang tanah, dan kelapa parut dengan cara disangrai. Uniknya daun pembungkusnya adalah daun pisang yang sudah dikeringkan.

Itulah deretan makanan khas Sulawesi Barat yang bisa Anda pilih sebagai teman saat berlibur di pantai atau pulau eksotis Mamuju dan sekitarnya. Pilihlah mana yang paling sesuai dengan selera Anda, lalu cicipi. Dijamin jatuh cinta dan ketagihan.