Perbedaan Antara Samsung Galaxy A12 dan A02s

Perbedaan Antara Samsung Galaxy A12 dan A02s

Depilacionlaserdepilaciondefinitiva – Di penghujung November 2020, salah satu produsen smartphone utama, Samsung, kembali mengumumkan anggota barunya, yakni Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02s. Saat diluncurkan, Samsung Galaxy A12 lebih tua, yakni Desember 2020. Sedangkan Samsung Galaxy A02 baru masuk pasar pada Januari 2021.

Dilihat dari depan, kedua smartphone ini sangat sulit dibedakan. Apalagi keduanya memiliki sistem operasi yang sama, yakni Android 10. Di balik kemiripannya, adakah perbedaan mencolok antara Samsung Galaxy 12 dengan Samsung Galaxy A02s?

Ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan antara Galaxy A12 dan Galaxy A02. Beberapa perbedaan terlihat dari bentuk dan spesifikasinya. Ini adalah beberapa perbedaannya.

1. Berat HP

Dari segi bentuk, Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02 memiliki desain yang mirip dengan saudara kembarnya, terutama di bagian depan. Tubuh kedua ponsel Samsung terbuat dari kaca untuk bagian depan dan belakang dan bingkainya terbuat dari plastik. Juga port Single SIM dan Dual SIM yang sama.

Nah perbedaannya adalah pada beratnya! Berat Samsung Galaxy A02s adalah 196g, sedangkan Samsung Galaxy A12 memiliki berat 205g. Jelas, jika Anda mencari smartphone ringan di antara kedua ponsel ini, pemenangnya adalah Samsung Galaxy A02s. Nah, hanya ada 9g terpaut!

Selain itu, soal dimensi bodi juga menghadirkan perbedaan namun sangat halus. Samsung Galaxy A12 memiliki dimensi 164 x 75,8 x 8,9 mm, sedangkan ukuran 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Terlihat perbedaannya hanya 0.1 / 0.2, sehingga dapat diartikan bahwa Samsung Galaxy A02s memiliki dimensi yang cukup besar.

Masih soal bentuk dan desain, kedua ponsel ini memiliki bentuk kamera belakang yang berbeda. Ya, kamera belakang Samsung Galaxy A12 berada di kiri atas berbentuk kotak dan terdapat empat lensa. Sementara itu, kamera belakang Samsung Galaxy A02s disejajarkan dengan tiga lensa.

2. Ukuran layar

Kedua ponsel ini memiliki tipe layar yang sama, yakni PLS IPS atau IPS Panel, sebuah teknologi layar untuk liquid crystal display. Plus, keduanya sama-sama berukuran 6,5 inci. Namun, kedua ponsel ini memiliki perbedaan rasio.

Samsung Galaxy A12 menempelkan rasio screen-to-body sebesar 85,8 persen, lebih lebar dari rasio screen-to-body Samsung Galaxy A02s yang sebesar 81,8 persen. Meski terpaut persentase kecil, rasio screen-to-body pada Samsung Galaxy A02s masih cukup besar untuk sebuah smartphone dengan versi terbaru.

Disusul dengan tingkat ketajaman layar, yang ternyata kedua ponsel Samsung ini memiliki perbedaan juga. Kepadatan layar Samsung Galaxy A12 adalah 264 ppi, sedangkan Samsung Galaxy A02s memiliki kerapatan piksel 270 ppi. Ya, Samsung Galaxy A02s unggul dan menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam di layar.

3. Identitas berbeda dari chipset, CPU dan GPU

Soal sistem operasi, Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02 jelas cocok dengan Android 10. Namun, keduanya memiliki identitas yang berbeda pada Chipset, CPU, dan GPU. Pada bagian chipset, Samsung Galaxy A12 memasang Mediatek Helio P35 dan Samsung Galaxy A02s dengan Qualcomm Snapdragon 450.

Berdasarkan perbandingan kedua chipset HP tersebut, maka Samsung Galaxy A12 akan menjadi jagoan di industri chipset. Ini karena Mediatek Helio P35 mendukung memori yang lebih cepat yang juga menghasilkan kinerja sistem yang cepat. Selain itu, ia memiliki ukuran semikonduktor 2nm yang lebih kecil, yang menawarkan kinerja lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah. Ini juga dilengkapi dengan grafis dan teknologi big.LITTLE untuk pemutaran yang lebih baik.

Kemudian kedua ponsel ini disandingkan dengan prosesor yang sama, yakni Octa-Core dengan arsitektur yang sama, Cortex-A53. Hanya saja kecepatan kinerja Samsung Galaxy A12 lebih cepat dari Samsung Galaxy A02s. Buktinya kecepatan prosesor Samsung Galaxy A12 adalah 4×1,8 GHz hingga 4×2,35 GHz, sedangkan Samsung Galaxy A02s memiliki kecepatan 1,8 GHz.

Terlebih lagi, yang membedakan Samsung Galaxy A12 dari Samsung Galaxy A02 adalah unit pengolah grafis (GPU). Jika Samsung Galaxy A12 memasang PowerVR GE8320, sedangkan Samsung Galaxy A02s dengan GPU Adreno 506. Meski berbeda “pabrik”, namun sejauh ini keduanya tergolong kasta yang cukup tinggi dalam hal kecepatan pemrosesan grafis.

4. Distingsi Ukuran Lensa yang Jauh

Bisa dikatakan ukuran lensa kamera kedua smartphone Samsung ini sangat kecil. Dimulai dari kamera depan, Samsung Galaxy A12 mengusung lensa 8 MP. Sedangkan Samsung Galaxy A02s diharapkan bisa lapang dengan ukuran lensa 5 MP. Hal ini tentunya membuat hasil kamera depan Samsung Galaxy A12 lebih baik dari Samsung Galaxy A02.

Diikuti oleh kamera depan kedua ponsel ini yang tampaknya memiliki perbedaan besar. Lagi-lagi Samsung Galaxy A12 disematkan karena hadir dengan lensa beresolusi 48 MP untuk kamera wide, 5 MP untuk kemampuan ultra-wide, 2 MP untuk kamera makro, dan 2 MP untuk kamera depth.

Sementara itu, Samsung Galaxy A02s hanya menyematkan tiga kamera belakang yaitu kamera wide 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP sehingga bisa dipastikan kualitas kamera yang dihasilkan Samsung Galaxy A02s tidak terlalu bagus. lebih baik dari Samsung Galaxy A12.

Selain itu, karena masalah fungsi kamera, Samsung Galaxy A02s hilang atau tidak, yakni Panorama dan HDR, hanya dilengkapi LED Flash. Berbeda dengan Samsung Galaxy A12 yang hadir dengan fungsi Panorama, HDR dan LED Flash.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru